Karya Ilmiah

Layanan Mahasiswa

Layanan Kepada Mahasiswa

1 Bimbingan dan konseling
  1. Bimbingan akademik: Bimbingan akademik dimaksudkan sebagai bagian konsultasi mahasiswa dengan dosen pembimbing akademik mengenai pembahasan rencana studi, hasil studi, dan evaluasinya. Bimbingan akademik dilaksanakan biasanya pada saat awal registrasi semester berjalan. Konsultasi bimbingan akademik ini dilakukan dalam bentuk tatap muka secara langsung. Hasilnya adalah mahasiswa bisa mengkomunikasikan permasalahan dan mendapatkan arahan tentang strategi dalam mengikuti perkuliahan.
  2. Bimbingan skripsi: Bimbingan skripsi menjadi bagian dari kegiatan mahasiswa semester akhir di mana mahasiswa mengkonsultasikan permasalahan dalam  skripsi kepada dosen pembimbing skripsi. Hasilnya adalah mahasiswa bisa menyelesaikan permasalahan dan tepat waktu dalam penyelesaian skripsi.
  3. Konseling: Mahasiswa melakukan bimbingan dan konseling melalui Pusat Pengembangan Karir dan Layanan Konseling (P2KLK). Di sana mereka dapat melakukan konsultasi dari psikolog baik dari segi pengembangan soft skill maupun permasalahan yang mereka hadapi. Hasil dari konseling, mahasiswa dan program studi memperoleh data potensi dari mahasiswa dan keunggulan atau kelemahan pribadi mahasiswa.
2 Minat dan bakat (ekstra kurikuler) Pengembangan minat dan bakat mahasiswa banyak dilakukan melalui organisasi kemahasiswaan seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Manajemen (H2M), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seperti UKM  Bidang Olahraga, UKM Bidang Kerohanian, UKM Bidang Kesenian dan Pendidikan/Penalaran, UKM Bidang Kegiatan Sosial, UKM Bidang Kewirausahaan, dan sebagainya. STIE PBM menyediakan sebuah ruangan yang diberi nama Ruang Mahasiswa di mana tempat ini digunakan untuk melakukan segala kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan ekstrakurikuler. Hal lainnya lagi adalah mahasiswa dalam mengembangkan minatnya bisa bergabung sebagai asisten laboratorium atau terlibat dalam sebuah kegiatan research group. Hasilnya adalah mahasiswa mempunyai tempat untuk mengembangkan minat dan potensinya, jumlah kegiatan kemahasiswaan meningkat, keikutsertaan mahasiswa dalam kompetisi kemahasiswaan meningkat yang secara otomatis prestasi mahasiswa meningkat baik pada tingkat lokal, wilayah, nasional, maupun internasional.

3

Pembinaan soft skills

Pembinaan soft skills dilaksanakan melalui berbagai kegiatan, di antaranya adalah:

  1. Pelatihan/workshop mengenai pengembangan kepribadian.
  2. Inkubator bisnis.
  3. Perencanaan dan bimbingan karir.
  4. Jalur magang di UKM dilaksanakan dengan menjadi anggota aktif dari UKM dan selalu berkontribusi dalam setiap kegiatan UKM.
  5. Jalur LDKO (Latihan Dasar Kepemimpinan dan Organisasi) diselenggarakan dalam bentuk permainan di luar ruangan, diskusi, ceramah, dan mentoring. LDKO ini dilaksanakan satu kali dalam setahun.

Hasil pembinaan soft skills adalah:

  1. Meningkatnya soft skills mahasiswa dan lulusan.
  2. Meningkatnya daya serap lulusan.
  3. Meningkatnya kepuasan pengguna lulusan.

 

 

 

 

4

 

 

 

 

Beasiswa

STIE PBM menawarkan 2 jenis beasiswa yaitu beasiswa prestasi (beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa dengan penilaian berdasarkan prestasi akademiknya)  dan beasiswa sosial (beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa dengan penilaian berdasarkan kemampuan ekonomi, namun tetap mempertimbangkan prestasi akademik).

Hasil dari pemberian beasiswa ini adalah:

  1. Semakin tinggi prestasi akademik mahasiswa. Hal ini terjadi karena penerima beasiswa wajib mengikuti mencapai prestasi akademik tertentu.
  2. Bagi penerima beasiswa, bantuan ini membantu mereka untuk tetap kuliah walaupun kondisi ekonomi memprihatinkan.

 

 

5

 

 

Kesehatan

STIE PBM bekerja sama dengan perusahaan asuransi Sequis Life dalam bidang pelayanan kesehatan. Rumah sakit dan klinik yang menjadi mitra Sequis Life menyediakan fasilitas pemeriksaan, pengobatan, perawatan dan/atau santunan bagi mahasiswa apabila mengalami sakit atau kecelakaan. Hasilnya adalah mahasiswa terbantu secara finansial dalam menjaga kesehatannya.