Karya Ilmiah

Kebijakan Mahasiswa

STIE PBM memiliki kebijakan penerimaan/rekrutmen mahasiswa baru yang dipandu dengan Standar Operational Procedure (SOP) yang lengkap. Kebijakan tentang penerimaan/rekrutmen mahasiswa baru diatur melalui Keputusan Ketua STIE PBM No. 04/A.1/SK/STIE-PBM/VIII/2014 tentang Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru. Berdasarkan keputusan tersebut, penanggung-jawab dan kewenangan seluruh penerimaan mahasiswa baru ada pada Ketua STIE. Penerimaan mahasiswa baru diawali proses pendaftaran, ujian seleksi, sampai pengumuman hasil kelulusan. Penerimaan mahasiswa baru dilakukan pada awal tahun akademik mengikuti kalender akademik STIE PBM.

Penerbitan Keputusan Ketua STIE PBM No. 04/A.1/SK/STIE-PBM/VIII/2014 tentang Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru bertujuan:

  1. Memilih calon yang terbaik di antara para pelamar yang jumlahnya melampaui kapasitas/daya tampung pendidikan.
  2. Mengurangi kemungkinan kegagalan studi yang berakibat dikeluarkan dari pendidikan.
  3. Menghasilkan lulusan yang berkualitas sebaik-baiknya dan tepat waktu. Sistem dan tahapan bagi semua calon peserta program berlaku persyaratan umum, persyaratan akademik, dan persyaratan administrasi. Persyaratan tersebut merupakan syarat yang harus dipenuhi untuk dapat dinyatakan lulus dalam seleksi tahap akhir. Seleksi administratif, ujian tulis dan wawancara dilaksanakan oleh tim seleksi akademik di tingkat program studi. Hasil tes tersebut dan kelengkapan administratif yang sudah dipenuhi kemudian dijadikan bahan pertimbangan untuk penerimaan calon tahap akhir. Kelulusan tahap akhir dilakukan melalui rapat panitia yang dipimpin oleh Ketua STIE serta dihadiri oleh Wakil Ketua I dan Ketua Program Studi. Hasil keputusan rapat penerimaan mahasiswa tahap akhir ditetapkan dengan Keputusan Ketua STIE.